Kontak
Foto 1 (1) 1

Sinergi SBI dan Dinas Bina Marga untuk Infrastruktur Strategis di DKI Jakarta

Jakarta, 14 April 2023 – Meningkatnya aktivitas masyarakat di Indonesia khususnya DKI Jakarta pasca pencabutan PPKM pada masa pandemi Covid-19, menandakan perputaran roda ekonomi yang mulai tumbuh di tahun 2023. Guna mendukung mobilisasi dan kebutuhan transportasi setiap harinya, Pemprov DKI Jakarta terus berinovasi untuk menyediakan infrastruktur yang memadai, baik dalam bentuk pembangunan jalan baru maupun kegiatan perbaikan jalan yang berada dalam kondisi kurang baik.

Plt. Kepala Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi DKI Jakarta, Heru Suwondo, memaparkan Rencana Kerja Tahun 2023 yang meliputi jalan dan jembatan, jalur pejalan kaki, penerangan jalan dan sarana umum, serta jembatan penyeberangan orang di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (14/4). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lilik Unggul Raharjo, Direktur Utama PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yang menjadi salah satu mitra dalam kegiatan pembangunan infrastruktur DBM Provinsi DKI Jakarta.

“SBI sudah banyak mencipatakan solusi-solusi, salah satunya adalah beton rapidsettingSpeedCrete. PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP) yang merupakan anak usaha SBI melaksanakan pekerjaan perbaikan jalur Bus TransJakarta Koridor 1-14 dengan menggunakan SpeedCrete yang dapat siap digunakan hanya dalam waktu 8 jam setelah beton selesai diaplikasikan”, jelas Heru Suwondo pada paparannya.

Sementara itu, Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo menyampaikan bahwa sebagai bagian dari SIG, SBI terus mengembangkan inovasi berbasis prinsip-prinsip berkelanjutan, sebagai kunci menghadirkan solusi yang berkualitas dan ramah lingkungan. “Aplikasi SpeedCrete pada jalur TransJakarta bukan kali pertama dilaksanakan. Kepercayaan dari pemerintah daerah, memperkuat komitmen kami untuk memberi nilai tambah pada solusi inovatif ini. Selain kecepatan aplikasi yang membantu mengurangi emisi karbon karena macet penutupan jalan, SpeedCrete juga menggunakan bahan baku ramah lingkungan yang sudah tersertifikasi Green Label”, terang Lilik.

PLP resmi ditunjuk oleh Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk pengerjaan perbaikan infrastruktur jalur TransJakarta yang meliputi manajemen lalu lintas, penutupan singkat lajur jalan yang diperbaiki, pembongkaran, pembuangan hasil bongkaran, pengecoran, hingga pembukaan kembali jalan yang telah diperbaiki.

Optimalisasi material dan sumber daya lokal dengan realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk pekerjaan dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI, yaitu Pekerjaan Beton Rapid SettingSpeedCrete di Jalan Pakin Paket 1 tahun 2022 mencapai nilai pascaaudit oleh Sucofindo sebesar 67,14%. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).

Solusi Inovatif Beton Cepat Kering

SpeedCrete menawarkan beberapa level kecepatan kering yang dapat disesuaikan dengan tingkat kepadatan lalu lintas jalan di suatu daerah, mulai dari 4 jam, 6 jam, 8 jam, 10 jam dan 12 jam. Selain jalur bus TransJakarta, SpeedCrete juga sudah diaplikasikan di beberapa ruas jalan tol seperti di wilayah Jabodetabek, ruas tol Bakauheni – Terbanggi, ruas Surabaya – Mojokerto dan ruas Surabaya – Gempol.

SpeedCrete menjadi solusi inovatif perkerasan yang mengurangi dampak kemacetan secara signifikan, khususnya di perkotaan yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi seperti Jakarta. Keunggulan tersebut membantu meminimalisasi hilangnya waktu produktif dan bahan bakar pengendara serta polusi karena kemacetan akibat perbaikan jalan. SpeedCrete juga memberikan nilai tambah solusi yang efektif dari sisi biaya dan unggul secara teknis serta fokus pada efisiensi energi, dibuat dari material yang berkualitas dan memberikan kekuatan maksimal pada konstruksi infrastruktur yang dibangun.

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:
Novi Maryanti
Corporate Communications Manager
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk
Phone : 62 21 2986 1000 ext 8362
Mobile : 0878-0411 1811
e-mail  : novi.maryanti@sig.id
Nadia Makhya Azhari
Digital Communication & Media Specialist
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk
Mobile : 0812-4840-5525
e-mail  : nadia.makhya@sig.id