Aset Penerbit

7 Tips Ruangan Sejuk Tanpa AC

Jul 8, 2019

7 Tips Ruangan Sejuk Tanpa AC

 

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia dengan cuaca yang tak menentu, membuat penggunaan AC atau pendingin ruangan sebagai suatu hal esensial yang tidak bisa dihindari. Namun jika digunakan berlebihan, penggunaan AC di dalam hunian bisa berpengaruh buruk bagi lingkungan dan menambah beban anggaran rumah tangga. Simak tips berikut agar Anda dapat merasa lebih betah di ruangan meski tanpa AC!


1. Dinginkan Tubuh dari Dalam

Hal ini adalah salah satu hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan ketika tidak menggunakan pendingin ruangan. Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi air putih yang cukup atau berbagai makanan atau minuman dengan suhu dingin. Minuman segar seperti air lemon atau smoothies dari buah-buahan yang sudah dibekukan bisa jadi pilihan juga, lho!
 

2. Letakkan Tanaman di Dalam Ruangan

Tidak hanya sebagai pemanis ruangan, tanaman di dalam ruangan bisa memberikan kesejukan ekstra. Tanaman mengeluarkan oksigen di siang hari sehingga membuat ruangan terasa lebih sejuk dan menyenangkan. Namun jika Anda meletakkan tanaman di kamar tidur Anda, jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman sebelum tidur karena di malam hari tanaman akan memproduksi karbon dioksida.


3. Hindari Meletakkan Terlalu Banyak Barang di Dalam Ruangan

Semakin banyak barang yang ada dalam ruangan, justru malah membuat ruangan terasa makin sumpek, pengap dan panas. Agar ruangan terasa lebih sejuk dan segar tanpa pendingin sekalipun, pastikan barang-barang yang ada di dalam ruangan adalah barang yang betul-betul penting dan bukan barang-barang yang hanya memakan tempat.

 

4. Gunakan Lampu dengan Watt Kecil

Atau matikan lampu jika tidak dibutuhkan. Lampu yang dinyalakan dapat mengeluarkan panas. Begitu juga jika Anda menyalakan lampu terus menerus di dalam ruangan. Karena itu, hindari menyalakan lampu terus menerus, apalagi di siang hari. Jika Anda terpaksa menggunakan lampu di siang hari, gunakan lampu dengan watt kecil saja.


5. Maksimalkan Penggunaan Kipas Angin

Jika Anda ingin mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau AC dengan menggunakan kipas angin, maka Anda juga harus tahu cara yang benar dalam penggunaannya. Mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh hanya akan mendinginkan tubuh sesaat. Selain itu, angin langsung dari kipas angin juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Cara yang benar untuk menyejukkan ruangan adalah dengan mengarahkan kipas ke arah dinding yang berlawanan dengan Anda. Hal ini akan membuat sirkulasi udara lebih baik dan udara dingin berputar di ruangan.


6. Memasang Ventilasi

Ventilasi memiliki peranan penting dalam membuat suasana ruangan yang sejuk. Bagi ruangan yang tidak menggunakan AC, ventilasi menjadi suatu yang sangat krusial agar udara dalam ruangan bisa berganti dan tidak pengap. Anda bisa membuat ventilasi silang yang saling berhadapan sehingga udara mengalir dari dalam ke luar atau sebaliknya tanpa “mengendap” dalam ruangan.


7. Letakkan Jendela dengan Tepat

Meski meletakkan jendela di dalam kamar dapat memberikan kesejukan, jika salah menempatkan, jendela justru dapat membuat kamar lebih panas jika tidak diletakkan di tempat yang tidak tepat. Hal ini karena jendela jadi jalan masuk sinar matahari yang paling mudah. Anda dapat memasang tirai yang cukup tebal untuk menangkal sinar matahari, atau biarkan jendela terbuka dan angin masuk ke dalam ruangan ketika sedang tidak terlalu terik.

Terkait Aset